Network Operation System / Sistem Operasi Jaringan

Network Operation System / Sistem Operasi Jaringan 
Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.

Sistem Operasi Ditinjau Dari Apa Yang Dilakukannya:
1. Sebagai antarmuka atau interface antara user dengan hardware.
2. Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data antar user.
3. Pengatur penjadwalan resource bagi user.
4. Menyediakan fasilitas sistem operasi.

Tujuan Adanya Sistem Operasi
1. Menunjukkan lingkungan dimana seorang user dapat mengeksekusi program-programnya.
2. Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan.
3. Mengeffisienkan hardware komputer.


Fungsi Dan Sasaran Sistem Operasi
1. Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager).
2. SO sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine).


Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
• Microsoft MS-NET
• Microsoft LAN Manager
• Novell NetWare
• Microsoft Windows NT Server
• GNU/Linux
• Banyan VINES
• Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris


Sebuah sistem operasi jaringan (NOS) merupakan perangkat lunak yang mengendalikan jaringan dan pesan (misalnya paket) lalu lintas dan antrian, kontrol akses oleh beberapa pengguna untuk jaringan sumber daya seperti file, dan untuk menyediakan fungsi-fungsi administratif tertentu, termasuk keamanan.

Bagian atas 5 lapisan dari OSI Reference Model memberikan fondasi yang banyak pada jaringan berbasis sistem operasi.

Fitur Jaringan sistem operasi termasuk:
• dukungan dasar untuk mendukung hardware port
• fitur keamanan seperti otentikasi, otorisasi, login pembatasan, dan kontrol akses
• nama layanan dan layanan direktori
• file, mencetak, penyimpanan data, backup dan replikasi layanan
• akses remote
• sistem manajemen
• administrasi jaringan dan audit peralatan dengan antarmuka grafis
• clustering capabilities
• toleransi kesalahan dan ketersediaan tinggi

Kesalah pahaman
Beberapa perangkat sistem operasi, termasuk Mac OS X dan semua versi Microsoft Windows sejak Windows 2000, termasuk fitur NOS. Beberapa jaringan untuk sistem operasi DOS dan sistem Windows termasuk Novell NetWare, LAN Manager, dan Banyan Vines. Sistem operasi ini tidak sendiri jaringan sistem operasi. NOS merupakan OS yang telah ditulis secara khusus untuk menerapkan dan memelihara jaringan.


Sebuah sistem operasi jaringan (NOS) adalah komputer sistem operasi sistem yang dirancang khusus untuk mendukung workstation, komputer, dan dalam beberapa kasus, tua terminal yang terhubung pada jaringan area lokal (LAN). Artisoft dari LANtastic, Banyan VINES, Novell’s NetWare, dan Microsoft’s LAN Manager adalah contoh dari sistem operasi jaringan. Selain itu, beberapa multi-tujuan sistem operasi, seperti Windows NT dan digital dari OpenVMS datang dengan kemampuan yang memungkinkan mereka untuk dapat digambarkan sebagai sebuah sistem operasi jaringan.


Sebuah jaringan sistem operasi menyediakan printer sharing, common file system dan database sharing, application sharing dan kemampuan untuk mengelola sebuah jaringan nama direktori, keamanan, dan aspek lainnya di rumah jaringan.


Pengenalan Novell
Novell, Inc telah membuat berita selama bertahun-tahun untuk usaha perjuangan. Novell menikmati kesuksesan yang terkenal sebagai vendor perangkat lunak jaringan – terutama yang NetWare ® sistem operasi. Saat ini perusahaan yang bekerja untuk membangun sebuah bisnis jaringan internet, namun mereka hadapi persaingan kuat.

NetWare
Sistem Operasi NetWare mendukung jaringan dari komputer pribadi (PC). Terpasang pada PC, server NetWare menciptakan lingkungan untuk berbagi file, printer, dan jaringan “layanan” lainnya.

Salah satu produk perangkat lunak yang dirancang untuk PC jaringan, versi awal NetWare muncul pada akhir tahun 1980-an. NetWare 3 pada awalnya bernama “NetWare 386″ dan dirilis untuk digunakan dengan prosesor Intel 80386. Demikian juga, Novell NetWare 4 dikembangkan pada awal tahun 1990-an untuk Intel 80486. NetWare 5, versi terbaru dari sistem operasi Novell, telah tersedia sejak September, 1998. Together, NetWare 3, 4, and 5 enjoy an installed base of millions of servers worldwide. Bersama, NetWare 3, 4, dan 5 menikmati penginstalan yang dipasang jutaan server di seluruh dunia.


NetWare mengalami persaingan dari Microsoft awal kompetisi di pertengahan tahun 1990-an dengan pengenalan Windows NT Server produk. Beberapa percaya pertumbuhan yang cepat dari Linux server jaringan – walaupun sulit untuk mengukur secara akurat karena sifat yang terbuka dari sistem operasi itu – juga berdampak NetWare popularitas.


NDS
Media kadang-kadang merujuk kepada Novell Directory Services (NDS ®) sebagai “mahkota permata” dari produk persembahan Novell. Seperti NetWare, NDS telah mendapat manfaat dari perkembangan sejarah yang panjang yang matang teknologi dengan basis pelanggan besar terpasang. Apa yang membuat NDS terutama menarik adalah fleksibilitas dan berbagai potensi aplikasi dalam jaringan manajemen dan e-commerce.

NDS adalah sebuah LDAP direktori layanan. Direktori seperti NDS menyediakan layanan informasi repositori didistribusikan untuk jaringan sumber daya mulai dari perangkat ke situs Web profil pelanggan. LDAP – yang Ringan Directory Access Protocol – menawarkan cara standar untuk mengakses informasi ini.

Web situs seperti CNN dan AltaVista menggunakan NDS eDirectory ™ produk. eDirectory melacak aktivitas pengunjung pada situs-situs, bangunan-tujuan khusus “database” pelanggan yang dapat digunakan untuk menyediakan layanan personalisasi. Walaupun pada awalnya sebuah NDS NetWare hanya teknologi, eDirectory kini bekerja dengan Windows NT dan 2000, Solaris, dan Linux selain NetWare 5 server.

Novell menawarkan beberapa produk lainnya berdasarkan eDirectory teknologi. NDS Corporate Edition, misalnya, menerapkan manajemen sumber daya jaringan. Layanan digitalme yang lebih aman personalilasi menambahkan kemampuan untuk eDirectory. Seperti NetWare Namun, Novell menghadapi persaingan dalam direktori layanan ruang dari Microsoft Active Directory (tidak lagi produk dari vendor lainnya seperti iPlanet Directory Server).

Lebih dalam tentang Web Services
Pada tahun 1996 dan 1997, Novell mencapai beberapa keberhasilan dengan keluarga desain produk IntranetWare intranet untuk berbagi data. Saat ini, Novell Groupwise terus menawarkan email dan kalender untuk intranet (dan jaringan berbasis web).

Novell juga bekerja sama dengan teknologi untuk konten web caching. Dengan Novell Konten Exchange berlangganan layanan Internet membawa caching dan perangkat lunak lain untuk pusat data di mana konten web yang disajikan.

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar